Beranda > IT > Modul Desain Website 01

Modul Desain Website 01

Disini kita akan membahas tentang dibawah ini, namun tetep bertahap ya gan, karena ini saya buat juga bertahap untuk materi ajar saya sendiri.
bahasannya antara lain :

1. Pemrograman Web Dasar
2. Desain Gambar (Adobe Photoshop)
3. Desain Animasi ( Swish dan FlashMX )
4. Desain Web Dinamis (Dreamwaver, PHP dan MySQL, serta Web Server)

mari kita mulai..

1. Pemrograman Web Dasar

Desain halaman web ditujukan kepada kebutuhan untuk memberikan informasi kepada pembaca/pengunjung situs berdasarkan kriteria-kriteria dan batasan-batasan media halaman web. Dua diantara batasan halaman web yang dimaksud pertama adalah bahwa halaman web disajikan di sebuah monitor komputer yang merupakan media elektronis yang menghasilkan radiasi elektromagnetis dengan luas tampilan yang terbatas yang dijalankan disebuah platform komputer dengan dukungan perangkat lunak browser tertentu. Kriteria kedua yang perlu diperhatikan adalah akses kepada situs untuk sebagian besar pengunjung membutuhkan biaya akses internet yang relatif masih cukup mahal untuk kebanyakan orang Indonesia dan berjalan dengan kecepatan yang lambat.

Dua kriteria atau batasan media halaman web menyebabkan proses desain halaman web ditujukan kepada kemudahan mengakses informasi dan daya tarik untuk setiap unsur situs. Faktor kemudahan mengakses informasi yang sesuai mewajibkan sebuah halaman situs memberikan arahan yang mudah dan intuitif bagi pengunjung untuk menuju informasi yang dibutuhkan serta tidak membutuhkan waktu yang lama, sedangkan faktor daya tarik ditujukan agar pengunjung bersedia meluangkan waktu untuk membaca informasi yang disediakan situs. Apabila suatu situs tidak memiliki dua faktor diatas, dapat dipastikan situs menjadi membosankan dan tidak banyak pengunjung yang mau mengakses situs tersebut.
Sebuah halaman web dapat dikategorikan menjadi halaman web statis atau halaman web dinamis. Halaman web statis adalah halaman web yang tidak mengalami perubahan isi dari waktu ke waktu. Jenis ini adalah halaman situs yang sesuai untuk memberi informasi yang tetap, seperti peraturan atau pengumuman lainnya. Halaman web dinamis adalah halaman yang mengalami perubahan dariwaktu ke waktu, baik sekedar bentuk penampilan atau perubahan isi dari halaman web tersebut.
Untuk membuat halaman web statis, kita dapat sepenuhnya mengandalkan kepada HTML(HyperText Mark up Language), dan agar lebih menarik dapat disertai dengan sejumlah gambar. Sedangkan untuk halaman web dinamis, kita tidak cukup mengandalkan HTML, tetapi harus didukung dengan bahasa pemrograman dan basis data untuk web. Tentu saja mengembangkan web dinamis, jauh lebih komplek dibanding mengembangkan halaman web statis. Untuk mengembangkan sebuah halaman web sederhana yang sepenuhnya berbasis HTML, kita cukup menggunakan program editor teks sederhana seperti notepad. Namun beberapa perangkat lunak terintegrasi telah dikembangkan untuk membuat halaman web atau mengembangkan sebuah situs yang jauh lebih kompleks. Dua diantaranya yang paling populer adalah Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Frontpage.
Selain HTML, terdapat beberapa standar, bahasa pemrograman dan basis data untuk mengembangkan halaman web. Standar yang dimaksud diantaranya adalah CSS(Cascading Style Sheet) yang digunakan untuk standarisasi atribut html agar tampilan web lebih menarik dan XML(eXtended Markup Language) standar untuk mengelola data internet.
Bahasa pemrograman yang khusus atau populer dalam pengembangan web adalah PHP, ASP, Java, atau pemrograman script seperti Javascript dan VBScript. PHP dan ASP adalah contoh jenis bahasa pemrograman web sisi server(server side programming). Sedangkan Javascript dan VBScript adalah contoh jenis bahasa pemrograman sisi klien(Client Side Programming). Server Side Progamming melakukan proses di server dan server hanya mengirimkan hasil akhir dalam bentuk html ke web client(web browser). Sedangkan client side programming mengharuskan web server mengirimkan seluruh kode program ke web client. Selanjutnya Web browser akan menerjemahkan program yang dikirimkan server dan menampilkan hasil akhirnya di layar.Server side programming memiliki fasilitas dan kemampuan yang jauh lebih baik ketimbang client side programming. Bahasa pemrograman PHP, beserta basis data MySQL dan Apache web server adalah pasangan pengembangan yang paling popuper. Ketiganya merupakan paket yang bersifat open source dan gratis. Untuk lingkungan Windows, ketiganya disatukan ke dalam paket PHPTriad.

Kategori:IT
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: